Tuesday, April 17, 2012

Bosen Baca Buku

Bosen baca buku
Hampir sekitar 10 tahun lebih saya membaca buku, dari mulai masuk TK (taman kanak-kanak) sampai masuk Perguruan Tinggi saya selalu membaca buku. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan membaca buku, sebaliknya ini sangat baik bagi siapa saja. Menimba ilmu lewat buku adalah yang utama bagi para pelajar di Indonesia tapi sebenarnya ini kurang efektif. Kenapa tidak efektif?

Kenapa kita harus membaca buku? jawabannya adalah buku adalah informasi dan jendela ilmu bagi kita semua. Tapi sadarkah anda para pelajar ada hal yang sanagt penting diluar sana yang lebih bermanfaat dari buku? Pengalaman, itu adalah jawaban yang saya dapat selama ini. Banyak pengalaman yang luar biasa didapat diluar jam sekolah dan ini lebih bermanfaat ketika saya mulai mencari satu sen uang.

Pernahkan ada buku yang mengajarkan kita tentang bagaimana cara untuk bertahan hidup dan mencari uang? Tidak, kenapa uang begitu penting bagi kita? Sebenarnya ilmu yang bermanfaat akan lebih penting untuk bekal kita nanti. Ada hal yang perlu anda ingat juga, bagaimana orang tua kita bisa mendapatkan buku, menyekolahkan kita dan lain-lain, apakah itu mereka dapat dari membaca buku? tidak, mereka mendapatkannya dari pengalaman yang selama ini dipetik dari berbagai kejadian. 

Saya tidak pernah mengatakan membaca buku itu tidak penting, tapi ini akan sangat nol besar jika kita tidak menyeimbangi semua ini dengan tindakan nyata yang nantinya akan menjadikan proses kematangan setiap indiviidunya. Zaman telah berubah, kemajuan teknologi menjadi momok yang menakutkan bagi para pengajar, kenapa? Google adalah jawaban yang pasti, karena google menyediakan banyak informasi didalamnya mulai dari tutorial, cara belajar, ebook gratis, online magazine atau majalah online, toko online dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua ini bisa menjadi bekal kita diluar jam sekolah dan ini lebih efektif bagi saya.

Kenapa saya tidak membutuhkan seorang pengajar? Sebenarnya bukan tidak butuh, namun mencoba berhemat. Daripada saya menyewa seorang pengajar lebih baik saya menyewa seorang konsultan yang paham pada bidang yang saya ingin pelajari, selain membangun piskis kita hal ini dapat membangun saraf motorik kita untuk lebih peka terhadap sekitar dibandingkan dengan kegiatan yang monoton (terus menerus dan berulang-ulang).

0 comments:

Post a Comment