Tuesday, October 19, 2010

UNIK, "kambing berjalan vertikal"

Ibex Alpen, kambing liar yang hidup di pegunungan Alpen, ternyata punya kemampuan seperti laba-laba. Hewan berkaki empat dan bertanduk ini bisa memanjat sebuah dinding bendungan yang nyaris vertikal.

Kambing Liar
Dalam sebuah foto di laman Daily Mail dan The Sun belasan ekor kambing Alpen tampak sedang merayap, memanjat dinding bendungan Cingino di Italia Utara yang tingginya 160 kaki atau sekitar 49 meter dengan kemiringan hampir 90 derajat. The Sun menjulukinya Spider-Goats.

Kambing Alpen itu memanjat dengan empat kakinya dengan posisi miring. Mereka memanfaatkan celah di antara batu dinding. Mereka memanjat ini bukan untuk pamer atau unjuk kemampuan. Kambing Ibex ini menjilati dinding bendungan yang mengandung garam.

Foto yang unik ini mengundang perhatian dari blogger dan pengguna internet di seluruh dunia. Salah satu yang tertarik adalah Jolle Jolles, 25 tahun. Jolles yang berprofesi sebagai zoologist dari Universitas Cambridge. “Saya selalu tertarik dengan kambing, tapi mungkin sebagian besar dari Anda tidak setuju dan memilih lumba-lumba, panda atau singa sebagai binatang favorit,” ujarnya. “Tapi ternyata kambing menawarkan sesuatu yang unik bukan hanya kemampuan mereka menjilat.”

Alpine Ibex adalah spesies kambing liar yang hidup di pegunungan Alpen, Eropa. Mereka punya kebiasaan berada di tempat yang tinggi untuk melindungi diri dari predator.

0 comments:

Post a Comment