Tuesday, February 21, 2012

Apakah harus saya mempunyai logo?

Pentingkah sebuah desain logo untuk sebuah brand? haruskah saya mempunya logo? untuk apa saya memiliki logo? Dimana saya dapat temuakan jasa desain logo? Apakah ini hanya sebuah kepentingan dari para penyedia jasa pembuatan logo? Pertanyaan ini akan segera terjawab, logo ibarat sebuah simbol yang menggambarkan sesuatu yang dapat menimbulkan efek pencitraan atau brand. Jadi sudah terjawab pertanyaan yang pertama, kenapa harus mempunyai logo? Apabila kita tidak punya logo, mungkin orang diluar sana akan kebingungan menggambarkan sebuah brand. Contoh kasus apabila logo nike tidak digambarkan dengan checklist, mungkinkah sampai saat ini nike akan menjadi perusahaan sebesar ini? Mungkin, tapi berbeda ketika nike memilih logo mereka dengan simbol yang lainnya.

Setiap desain logo memiliki unsur-unsur warna, bentuk dan makna tersendiri dari setiap proses pembuatannya, maka dari itu akan banyak sekali jenis logo karena banyaknya kepala yang membuat desain logo. Namun hal yang paling jelas bahwa mendesain logo bukan semata-mata kita membuat gambar dan menjadikannya sebuah logo, ada beberapa cara membuat desain logo dan adapula ketentuan yang berlaku dalam membuat desain logo.

Hal yang terpenting dalam membuat desain logo adalah kesadaran membuat branding. Hal lain yang harus diperhatikan adalah kemurnian dari desain logo tersebut. Ada banyak logo di dunia ini dan tidak banyak pula yang menyerupai atau mirip, inilah yang perlu diperhatikan, ada hal nya serupa itu tak sama namun ada kalanya dimana serupa itu satu karya. Kesadaran ini harus ditingkatkan oleh para desainer logo dimanapun mereka berada, tidak hanya dalam kesadaran membuat branding namun memperhatikan segala unsur yang terkait didalamnya.

Ada contoh kasus yang sebenarnya kurang banyak diperhatikan oleh para penulis ataupun desainer. Penulisan, bisa sangat fatal apabila kita salah menulis apalagi salah mendesain. Contoh penulisan desain logo yang benar menurut bahasa Indonesia adalah desain logo dan menurut bahasa Inggris adalah logo design, namun tidak jarang orang Indonesia menggabungkan kedua unsur tersebut hanya untuk mendapatkan sebuah keyword, ini bukanlah suatu hal yang dapat dibanggakan. Contoh penulisan yang salah :

- Cara Membuat Design Logo
- Jasa Pembuatan Design Logo

Seharusnya menjadi seperti ini :

- Cara Membuat Desain Logo 
- Jasa Pembuatan Desain Logo

Atau seperti ini, apabila anda menuliskannya dalam bahasa inggris :

- How to Create a Logo Design
- Logo Design Services Manufacture

Ini hanyalah beberapa contoh kecil dari mereka yang seakan memberikan solusi dalam membuat desain logo dengan membuat branding, akan tetapi mereka kurang memiliki kesadaran akan branding tersebut.

0 comments:

Post a Comment