Friday, March 16, 2012

Belajar SEO Untuk Siapa Saja

Kebanyakan pemula yang baru mendengar SEO pasti ingin sekali belajar SEO, dan menanyakan bagaimana cara belajar SEO sehingga bisa mahir seperti orang - orang yang menyebut dirinya sendiri master SEO. SEO sering sekali dianggap sebagai kata ajaib yang dapat mendatangkan pengunjung dengan mudah dari Google secara gratis. Padahal tidak begitu kok, jangan salah sangka dan menganggap SEO sesuatu yang ajaib serta cepat dan mudah. Dan jangan salah sangka juga orang - orang yang memiliki blog mengenai pembelajaran SEO lalu mencap mereka sebagai pemuja SEO dan melacur demi backlink! Hal itu sama sekali salah karena itu hanyalah pemikiran orang bodoh yang tak pernah mau belajar!

Inti dari belajar seo adalah supaya halaman blog Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari seperti google ketika mengetikkan kata kunci yang Anda target. Sehingga blog Anda ramai pengunjung hanya dari hasil pencarian dari mesin pencari. Belajar seo manual atau otomatis?

Untuk menjadi rangking no 1 di pencarian Google dengan kata kunci tertentu bagi sebuah website baru tidaklah mudah, apalagi bagi seorang pemula yang masih mempelajari cara membuat web. Untuk mewujudkan impian tsb diperlukan semangat belajar seo yang tinggi dari sumber yang terpercaya.
Berangkat dari niat baik untuk membantu sesama blogger, dgn membaca basmalah saya persembahkan lens ini buat Anda yang ingin belajar seo agar halaman website bisa menjadi ranking satu Google.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda pelajari dalam belajar seo untuk optimasi blog:

1. Riset Keyword

Langkah awal dari belajar seo anda harus belajar mencari kata kunci unik. Kata kunci unik yaitu kata kunci yang banyak dicari, tapi sedikit saingannya. Perbandingannya pencarian minimal 1000, sedangkan saingannya harus dibawah 1juta. Untuk mengetahui pencari gunakan https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal, dan untuk menetahui banyaknya saingan ketikkan kata “kunci” di google.

2. Nama Domain

Gunakan nama domain sebaiknya sesuai dengan kata kunci unik yang Anda target. Misalnya blog bisnis gunakan “bisnisineternet.com” jangan “abdulrojak.com”. Meskipun tidak salah anda branding nama domain sesuai dengan keinginan Anda, tapi akan butuh waktu lebih lama untuk optimasi blognya.

3. Optimasi Title, Deskripsi dan Keywords

Judul blog harus mengandung kata kunci target (usahakan sama dengan nama domain). Begitu juga dengan deskripsi, harus ada kata kunci target sama dengan di judul ditambah kata kunci turunan 1 atau 2. Gunakan kata kunci turunan dari kata kunci utama 4-5, tapi harus tetap unik.

Gunakan plugin wajid All In One Seo untuk memantapkan belajar seo Anda.

4. Optimasi OnPage

Untuk optimasi onpage Anda tulis 250-500 kata dalam 1 artikel, dengan disebar kata kunci target 2-5%. Tambahkan gambar dengan diberi nama sesuai dengan keyword target. Artikel juga harus mengandung H1, H2, H3. Untuk parameter optimasi onpage dalam belajar seo gunakan plugin wajidClickbum Seo. Baca materi Cara Seo.

5. Internal Link

Kaitkan atau buat saling nge-link antara artikel yang satu dengan artikel yang lain. Untuk mempermudah gunakan plugin wajid dalam belajar seo Seo Post Link dan Post Page Association Plugin.

6. Buat peta situs

Untuk lebih mudah daftarkan ke Google Site Map, gunakan plugin wajid dalam belajar seo Google Sitemap Generator.

7. Daftar Google Webmaster Tools

Agar blog Anda lebih friendly dengan google, daftarkan blog Anda ke Google Webmaster Tools.

8. One Way Link

0 comments:

Post a Comment