Saturday, March 24, 2012

Karya Fotografi Terbaik

Siapakah Fotografer Indonesia Terbaik? Karya fotografi merupakan salah satu bentuk cipta kreasi yang dilindungi oleh Hak Cipta. Jangan pernah coba memublikasikan atau menggunakan foto karya orang lain tanpa seijin fotografer yang bersangkutan. Akibat hukumnya bisa jadi akan sangat memberatkan. Berikut ini ada beberapa karya fotografi terbaik (edisi tahun 2012) :


Sejarah dunia fotografi Indonesia kembali geger dan tercoreng. Salah seorang senior dan maestro fotografi, yang salah satu karya fotonya pernah terjual diatas seratus juta rupiah, katanya, ‘diadukan’ secara terbuka di salah satu website fotografi terbesar di Indonesia karena ‘dianggap’ telah mengupload karya foto orang lain. Bukan karya sendiri.

Membuat website fotografi adalah Kehebohan bermula ketika sang fotografer ini, fotonya terpilih dan masuk kedalam kategori Foto Pilihan Editor. Tiba-tiba ada yang memberikan komentar dan bertanya dibawah foto tsb: “Kenapa foto dengan dua orang model ini bisa dimiliki dan diupload oleh fotografer ini? Saya tahu persis ybs tidak ikut dan hadir dilokasi pemotretan pada tanggal dan jam yang disebutkan oleh fotografer tsb?”. Karena pada hari dan tanggal yang sama seperti dicantumkan sang fotografer terkenal ini, 2 orang model di foto tsb dengan sekelompok fotografer melakukan pemotretan di Bali yang disponsori oleh salah satu majalah terkenal. Tetapi fotografer ini menyebutkan lokasi pemotretan foto tsb di Jakarta. Salah satu model di foto tsb, akhirnya juga ikut mengeluarkan pernyataan tertulis bahwa ybs tidak merasa difoto oleh fotografer tsb pada hari dan jam tsb.


0 comments:

Post a Comment