Wednesday, May 18, 2011

Terang Bulan Nelayan Tak Melaut

Nelayan tradisional pesisir Kabupaten Lebak, Banten, sejak dua hari terakhir tidak melaut. Ini akibat terang bulan yang dapat mengurangi hasil tangkapan ikan. "Selama ini nelayan memilih tinggal di rumah," kata Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Kabupaten Lebak, Ade Supriyadi, belum lama ini.

Ade mengatakan, selama terang bulan nelayan di sembilan tempat pelelangan ikan (TPI) tidak melaut. Ratusan perahu nelayan ditambatkan di TPI. Sebagian nelayan memperbaiki alat tangkap yang kondisinya rusak. Untuk memenuhi ekonomi keluarga kini nelayan beralih profesi menjadi buruh tani, buruh bangunan, dan pedagang.

Kakap, salah satu nelayan TPI Pulau Manuk Kabupaten Lebak, mengaku, selama ini usaha nelayan sudah tidak bisa diandalkan lagi untuk kehidupan lebih baik karena tangkapan ikan semakin berkurang. Sepanjang tahun ini nelayan mengeluhkan karena banyak menganggur akibat cuaca buruk juga musim terang bulan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Lebak Edi Wahyudi menjelaskan sebanyak 3.200 nelayan tradisional saat ini tidak melaut akibat musim terang bulan. "Nelayan tidak berani melaut karena tidak sebanding dengan biaya operasional apabila musim terang bulan," katanya.(IAN/Ant)

0 comments:

Post a Comment