Thursday, September 20, 2012

Protes Harga Desain


Baru-baru ini saya mendapatkan sebuah info desain dari teman dan katanya "harga desain grafis itu mahal"! Lalu saya sejenak mendengarkan teman saya bercerita tentang pengalamannya memesan desain di sebuah tempat jasa desain grafis di Bandung. Saat itu dia hendak membuat sebuah desain web, lalu sang penyedia jasa memberikan tarif harga 6 juta rupiah termasuk harga desainnya 2,5 juta. Lalu dia bilang, mahal! Dan protes harga desain sempat dia lakukan dibeberapa forum desain yang ada.

Sebenarnya kenapa banyak orang yang protes harga pembuatan desain grafis? Hal yang menjadi penyebab utamanya mungkin kurangnya informasi dan pengetahuan akan manfaat dan keuntungan yang didapat ketika kita menggunakan jasa pembuatan desain web tersebut. Teman saya membuat web untuk usaha namun ia berkata kenapa modalnya harus sebesar ini? tanpa memperhatikan hasil yang nantinya ia akan peroleh ketika desain web yang ia pakai adalah istananya sendiri.

Jadi apakah anda masih ingin menyebut dan protes harga desain? Jika dipikir menggunakan logika kenapa harga desain semakin turun sedangkan harga BBM naik? Padahal keduanya sama penting jika dikaitkan dengan apa yang kita perlukan dengan hal itu. Beruntunglah anda yang menyediakan layanan jasa desain grafis karena selain menolong anda akan diberikan suatu ilmu yang sangat mahal. Kenapa mahal? Jika anda membuat sebuah bala-bala atau pisang goreng, lalu anda jual dengan harga seribu misalnya, apakah anda sudah memikirkan berapa keutungan yang didapat? Pastinya itu akan dilakukan, namun bagi penyedia jasa desain ini belum tentu dipikirkan karena yang terpenting saat masih awal (newbie) anda harus mengumpulkan banyak portofolio dan mencari nama dengan menjual karya yang murah.

Hal ini mungkin kurang adil bagi saya, karena saat anda membeli pisang goreng, anda hanya tau bagaimana cara memakannya dan bagaimana mengomentarinya ketika rasanya tidak enak. Apakah anda pernah memikirkan bagaimana cara membuatnya? Lalu bagaimana proses pedagang gorengan itu mendapatkan modal dsb? Berbeda ketika anda membeli BBM, anda hanya bisa bergumam tanpa langsung menodong, "kenapa harganya naik, saya pengen murah"! Inilah mungkin sedikit ringkasan dari teman saya yang protes dengan harga desain grafis yang katanya MAHAAALLLL!

0 comments:

Post a Comment