Friday, March 25, 2011

Air Tercemar Radioaktif di Empat Prefektur

Radioaktif iodine dalam tingkat yang melampaui batas telah terdeteksi di empat prefektur di Jepang, Kamis (24/3). Keempat prefektur itu adalah Fukushima, Ibaraki, Tokyo, dan Saitama. Air keran yang tercemar radiasi ini dinyatakan tidak aman diminum oleh bayi.

Seketaris Kabinet Jepang Yukio Edano mengimbau warga yang memiliki bayi untuk tetap tenang karena pemerintah akan mencari jalan terbaik untuk mengatasi masalah ini. Pemerintah Jepang akan mendistribusikan 240 ribu botol air minum kemasan untuk warga yang mempunyai bayi. Berdasarkan data pemerintah, sedikitnya 80 ribu bayi tinggal di area yang airnya tercemar.

Sementara itu, warga Tokyo menyerbu pusat-pusat perbelanjaan untuk membeli air minum dalam kemasan. Meski pemerintah menyatakan level cemaran radioaktif iodine pada air aman bagi orang dewasa, mereka tetap tidak mau mengambil resiko. Pengelola pusat perbelanjaan pun terpaksa membatasi pembelian per konsumen agar tidak kehabisan stok.

Di Fukushima, setelah sempat dievakusai Rabu kemarin, kini para pekerja pembangkit listrik tenaga nuklir atau PLTN Fukushima Daiichi kembali berjibaku untuk memulihkan reaktor. Bukan tugas mudah, apalagi hanya dibantu penerangan dari senter karena suplai listrik di reaktor kembali terhenti [baca: Asap Hitam Kembali Muncul di Reaktor Nuklir]

0 comments:

Post a Comment