Friday, April 22, 2011

Perompak Somalia


Perompak Somalia belakangan menjadi tenar di tanah air seperti halnya Melinda Dee lantaran mereka telah menjadi ancaman untuk pelayaran internasional sejak Perang Saudara tahap kedua di Somalia awal abad 21. Pembajakan telah menghambat pengiriman bantuan pangan dan kapal yang melalui teritorial laut Somalia selalu memerlukan pengawalan militer karena hal tersebut.

Laporan dari PBB dan berbagai sumber menyatakan bahwa pembajakan Somalia terjadi karena banyaknya penangkapan ikan secara ilegal dan pembuangan limbah beracun di perairan Somalia oleh kapal asing, yang menyebabkan penduduk lokal yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan menjadi semakin sulit untuk mencari ikan. Inilah yang membuat mereka pindah profesi menjadi perompak.

Alasan lainnya adalah karena 70% masyarakat pesisir sangat mendukung pembajakan sebagai bentuk pertahanan perairan negara tersebut dan sebagai upaya keadilan serta kompensasi atas sumber daya laut yang dicuri.

Pesatnya pertumbuhan perompak Somalia baru-baru ini karena tidak lain oleh sebab pembajakan yang menjadi pekerjaan yang menguntungkan dan menghasilkan uang yang melimpah secara cepat yang disebut sebagai motif utama. (sumber)

0 comments:

Post a Comment