Friday, December 17, 2010

IM2 Gelar Kompetisi Android Application Contest 2010


PT Indosat Mega Media (IM2), penyedia jasa internet dan multimedia terkemuka di Indonesia, menyelenggarakan kompetisi pembuatan aplikasi berbasis platform Android untuk mempromosikan i-Store yakni layanan penyedia aplikasi dan game untuk Android hasil kerjasama IM2 dan Indosat. Kompetisi aplikasi berbasis Android ini mengambil tema “IM2 Mengajak Berbisnis di Internet”.

“Melalui IM2 Android Application Contest ini kami berusaha menjaring potensi dari berbagai pelaku di Indonesia dengan mengundang mereka mengembangkan aplikasi berbasis Android. Aplikasi yang dikembangkan kemudian dipromosikan melalui i-Store. Dengan demikian i-Store sebagai toko virtual akan memiliki variasi aplikasi dan game berbasis Android yang lebih banyak,” jelas Mohammad Amin – Direktur Planning & Development IM2.

Selain mewadahi kreativitas pembuat software lokal dan berupaya menembus pasar aplikasi berbasis platform Android yang semakin banyak digunakan, IM2 Android Application Contest juga menawarkan keuntungan finansial kepada para pengembang software. Pendapatan bagi pengembang bersumber dari transaksi pembelian dan pendapatan iklan yang terjadi di i-Store. Dengan demikian diharapkan industri kreatif software dalam negeri semakin berkembang dan bergairah.

Bagi para peminat kompetisi dapat mendaftarkan diri secara online melalui i-store.indosatm2.com. Setelah terdaftar, peserta diminta untuk meng-upload aplikasi yang ingin dilombakan. Pendaftaran dan pengiriman aplikasi dibuka selama 3 (tiga) bulan yaitu sejak 15 Desember 2010 hingga 1 April 2011. Kompetisi ini terbuka untuk siswa SMA, perguruan tinggi, dan kalangan umum.

Dari aplikasi yang terdaftar secara online, juri-juri yang terdiri dari manajemen IM2, Google Admob (unit bisnis Google Inc. yang menyediakan layanan mobile advertising), dan IMO (pengembang handset lokal) akan melakukan seleksi awal secara online. Di babak penyisihan ini, juri akan memilih finalis per kategori yaitu kategori Aplikasi dan kategori Game. Di babak selanjutnya, juri akan bertemu untuk untuk merundingkan pemenang dari finalis-finalis yang terpilih.

Aplikasi yang diikutsertakan ke dalam kompetisi akan ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria yaitu orisinalitas yang merupakan syarat mutlak, kemudian kreativitas/keunikan, kemudahan, dan kriteria entertainment. Untuk masing-masing kategori, IM2 telah menyediakan total ratusan juta rupiah dengan rincian sbb:

Best Aplikasi
» Juara 1 : 25 juta + Handset Android + SP Broom
» Juara 2 : 20 juta + Handset Android + SP Broom
» Juara 3 : 15 juta + Handset Android + SP Broom

Best Game
» Juara 1 : 25 juta + Handset Android + SP Broom
» Juara 2 : 20 juta + Handset Android + SP Broom
» Juara 3 : 15 juta + Handset Android + SP Broom

Untuk mempromosikan kompetisi ini, IM2 akan melakukan roadshow dalam bentuk seminar seputar peluang bisnis di internet ke kampus-kampus seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Bina Nusantara (Binus), dll.

“Bagi IM2, kompetisi ini bukan hanya menawarkan hadiah ratusan juta rupiah. Lebih dari itu, bagaimana menawarkan variasi aplikasi Android yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan para pengguna, serta mengajak generasi muda Indonesia untuk bangkit memanfaatkan kesempatan menjadi yang terbaik dan memberikan sumbangsih positif bagi lingkungan,” ujar Hermanudin, GM Business Development menambahkan keterangan.

i-Store sendiri adalah layanan penyedia aplikasi dan game untuk android dari IM2, baik untuk yang berbayar maupun yang gratis. Layanan ini dapat dipergunakan secara gratis. Kelebihan i-Store antara lain; layanan diperoleh dan digunakan secara gratis, mudah digunakan dengan tampilan mirip dengan Android Market, menyediakan konten gratis dan berbayar, serta menyediakan dan menggunakan konten lokal.

Sekaligus Adakan IM2 Android Bootcamp

Untuk lebih memicu semangat dan alih-pengetahuan perihal pembuatan aplikasi Android, IM2 juga menyelenggarakan IM2 Android Bootcamp yang telah dilaksanakan sejak tanggal 04 Desember2010 di kantor IM2, Kebagusan setiap hari Sabtu. Pada pelatihan batch 1 (04/12) dan batch 2 (11/12) yang mengetengahkan tema ”Introduction to Android Development”, animo dan antusiasme peserta yang berasal dari kalangan komunitas pencinta Android dan mahasiswa sangat tinggi. Selanjutnya IM2 akan mengadakan pelatihan gratis ini secara berkala sehingga sistem operasi dan pembuatan aplikasi Android semakin familiar di masyarakat.

”Penggunaan sistem operasi Android akan semakin massal kedepannya karena sifatnya yang open-source serta mudah digunakan. IM2 Android Bootcamp akan mendukung lebih banyak orang dan komunitas lagi untuk semakin akrab dengan sistem operasi baru ini dan mempercepat penguasaan teknologi pada generasi muda,” tutur Hermanudin.

IM2 Android Bootcamp batch 3 akan dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2010 dengan tema yang sama dan mulai awal tahun 2011, tema pelatihan akan semakin mendalam yakni “Advanced Android Programming” diantaranya meliputi pengolahan database, user interface dan akses device. Sebagai sarana komunikasi yang dapat digunakan untuk tanya jawab maupun konsultasi, IM2 juga memiliki milis dengan alamat android@indosatm2.com.

Pembicaraan Detektip

0 comments:

Post a Comment