Sunday, January 9, 2011

BlackBerry Presenter Mungkinkan Anda Presentasi Tanpa PC


Di era portabel seperti sekarang ini, kebutuhan perangkat mobile yang berukuran kecil dan handal tentunya menjadi pilihan yang tak bisa ditawar-tawar lagi. Dengan alasan kepraktisan itulah yang telah membuat saat ini banyak bermunculan perangkat tersebut di pasaran. Dan salah satunya adalah perangkat mobile yang diperuntukkan bagi pekerjaan presentasi seperti yang satu ini.
Melakukan presentasi dengan menggunakan laptop atau PC tentunya sesuatu hal yang biasa. Tetapi sebaliknya, melakukan presentasi dengan menggunakan perangkat ponsel tentunya sesuatu hal yang luar biasa.

Agar presentasi yang bakal Anda lakukan berjalan sukses, biasanya segala sesuatunya telah dipersiapkan dengan matang. Selain mental, fisik dan bahan materi presentasi yang perlu disiapkan, tentunya keberadaan perangkat pendukung pun juga perlu diperhatikan dan persiapkan dengan sebaik mungkin.

Sejalan dengan itu, baru-baru ini Research In Motion (RIM) telah memperkenalkan perangkat BlackBerry Presenter untuk pertama kalinya. Perangkat ini kabarnya mampu membantu dan mempermudah segala pekerjaan presentasi yang Anda lakukan dengan cara menampilkan slide presentasi PowerPoint secara langsung dari perangkat smarphone BlackBerry Anda. Dengan demikian, berarti Anda tidak perlu repot-repot lagi menggunakan laptop atau PC sebagai perangkat pendukung presentasinya.

Perangkat Presenter tersebut menghubungkan perangkat smartphone BlackBerry Anda melalui Bluetooth dan ke perangkat proyektor ataupun monitor melalui slot VGA atau S-Video yang ada. Dan berkat Bluetooth inilah, Anda dapat menjangkaunya hingga jarak 10 meter dari perangkat Presenter untuk menghadirkan presentasi yang sebenarnya.

Selain itu, perangkat ini juga mampu mendukung animasi slide beserta efeknya dari PowerPoint 2003 dan 2007 serta menawarkan modus freeze dan loop. Berikut adalah model-model BlackBerry yang kompatibel:

> BlackBerry Bold 9000
> BlackBerry Bold 9700
> BlackBerry Curve 8500 Series
> BlackBerry Curve 8900
> BlackBerry Storm
> BlackBerry Tour


Mengenai harga di pasaran, ternyata RIM mematok harga perangkat BlackBerry Presenter ini per unitnya sebesar 199 USD atau sekitar 2 juta rupiah.

0 comments:

Post a Comment